KATA
PENGANTAR
Bismillahi
Rahmanirrahim.
Dengan
memanjatkan puji dan syukur kehadirat allah, SWT
Atas rahmat dan karunianya penulis telah menyelesaikan
makalah dengan judul ‘’ Hakikat Beriman
Kepada Malaikat Allah ‘’ Yang merupakan faktor utama
yangDi lakukan analisan dalam rangka melengkapi tugas – tugas untuk
menyelesaikan
Program studi AKIDAH AKHLAK
pada sekolah SMA N 8 UNGGUL TAKENGON. Dalam
penyelesaian makalah ini
penulis banyak menemui Kesulitan dan hambatan, akan
tetapi berkat bantuan
dan doronganSerta bimbingan dari
berbagai pihak, kendala tersebut
telah dapat diatasi sehingga penulis dapat
menyelesaikan makalah ini dalam
bentuk Yang sederhana.
Atas semua bantuan dan
jasa baik yang
telah di berikan, penulis hanya
dapat memanjatkan do’a
semoga allah , SWT berkenan
melimpah berkah dan rahmat-nya
kepada kita semua
karena makalah ini
dapat diselesaikan dan mudah – mudahan dan
manfaatnya bagi penulis
sendiri khususnya. AMIN.
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR
.................................................................................................
DAFTAR
ISI
.............................................................................................................
BAB 1 Hakikat akidah islam dan ruang lingkupnya..............................................
A. Pengertian
iman kepada malaikat
allah ............................................
B. maksiat
menjauhkan jarak manusia
dan malaikat
............................
C. perkataan
tentang allah tanpa
ilmu ..................................................
D. hikmah
beriman kepada malaikat .....................................................
BAB 2 Fungsi
hakikat allah dan
ampunan allah
............................
A.
nama dan tugas
fungsi malaikat allah
..................................................
B.
tidak diberi belas kasihan
.......................................................................
C.
dengan pertolongan allah
........................................................................
D.
dengan ampunan allah
...........................................................................
BAB 3 Adanya
hakikat akhlak ilmu kalam dan islam.................................................
A.
dalil naqli tentang
adanya malaikat allah ..............................................
B.
dalil naqli yang memiliki
kekokohan akidah islam dan beri contohnya ....
C.
Dalil naqli tentang
iffah, musawah dan ukhuwah
..................................
D.
argumentasi dan dalil aqli
tentang adanya malaikat .............................
BAB 4 perintah
bertakwa dan berinfak
di jalan allah
...........................................
A.
beberapa pendapat para
tentang tokoh mlaikat allah...........................
b.
perintah untuk bertakwa
menurut kesanggupan
...................................
C.
perintah berinfak di
jalan allah SWT
.......................................................
D.
memberi nafkah sesuai kemampuan
.......................................................
DAFTAR KEPUSTAKAAN ..............................................................................................
BIODATA PENULIS
.....................................................................................................
BAB I
HAKIKAT AKIDAH
ISLAM DAN RUANG LINGKUPNYA
A.Pengertian
iman kepada malaikat
allah
Beriman kepada malaikat allah adalah
bahwa kita percaya dan yakin seyakin-yakinnya bahwa allah swt. Telah
menciptakan malaikat dan memberinya beberapa tugas khusus untuk menjalankan
perintah allah seperti mengurus alam semesta ini, mengatur ujan, angin,
menuliskan segalaamal perbuatan manusia, mencabut nyawa seluruh makhluk yang
ada di alam jagat raya ini, menyampaikan wahyu dan sebagainya.
Ayat di atas menjelaskan bahwa
beriman kepada allah merupakan pangkal keimanan terhadap wahyu yang di turunkan
allah kepada para rasulnya, hal ini dimaksudkan bahwa wahyu itu di turunkan
melalui perantara. Perantara yang menghubungkan wahyu itu adalah salah satunya
malaikat, yaitu malaikat jibril.
Dalam hidup di dunia ini manusia ternyata
tidak hidup sendirian. Masih banyak lagi makhluk allah lain yang bertebaran di
jagat raya ini, baik yang nampak seperti gunung, lautan, matahari,
tumbuh-tumbuhan, dan sebagainya, maupun yang tidak nampak oleh kasat mata kita
seperti makhluk gaib, seperti jin, roh, surga, dan neraka.
Di dalam islam, iman kepada
malaikat adalah merupakan rukun iman yang kedua setelah iman kepada allah swt.
Manusia yang berfikir dan bisa
memanfaatkan pikirannya harus bisa memikirkan dan memahami semua ciptaan allah.
Langit yang membentang luas dengan gugusan galaksi dan bintang, makhluk-
makhluk yang ada di darat atau pun di laut, baik makhluk yang tertangkap indra
maupun yang tidak dikenali oleh panca indera kita merupakan kenyataan yang
dapat menyakini akan adanya makhluk gaib. Akal pun dapat menerima keberadaan
malaikat walaupun kita tidak dapat melihatnya secara inderawi. Karena indra
manusia sangatlah terbatas untuk bisa menyentuh wujud malaikat yang dimensinya
berbeda jauh dengan kita.
Salah satu ayat yang menegaskan
keberadaan malaikat sebagai makhluk yang memiliki tugas dari tuhan-nya adalah
sebagai berikut.
B.Maksiat menjauhkan jarak manusia dan
malaikat
Perbuatan maksiat dapat menjauhkan
jarak antara manusia dengan kawan terdekatnya, yaitu melaikat, makhluk yang
paling suka memberi nasehat kepada manusia dan mendapatkan kebahagiaan bila
seseorang dekat padanya. Ya...ia adalah malaikat yang sengaja ditugaskan oleh
allah kepada manusia.
Malaikat menetapkan adalah musuh
yang paling dekat dengan diri manusia, musuh yang paling menipu dan paling
banyak mendatangkan bahaya, yaitu setan. Bila seorang hamba berbuat maksiyat (pelanggaran)kepada
allah,malaikat segera menjauh dari seseorang hanya disebapkan oleh satu ucapan
dusta. ia akan menyingkir dengan jarak yang amat jauh.dalam suatu atsar (hadis)
dikatakan.
Sebagai ulama salaf berkata,’’bila
terjadi liwath ‘homoseks,’ bumi menjadi goncang dan menuju allah,
malaikat-malaikat lari kepada allah, melaporkan tentang kejadian besar yang
mereka lihat’’.
Kalau hampa tersebut ingat,
berdzikir, bertakbir dan bertahmid kepada allah serta berkata, ‘la llaha illa
allah,’setan terusir jauh dan meralikan diri. Tetapi,
kalau pada pagi itu hamba tersebut mengucapkan hal lain, malaikat itu pergi
darinya dan setanlah yang menemaninya.’’
Malaikat akan tetepi berada
bersama seorang hampa sehingga hukum dan ketaatan serta kekuatan berada
denganya. Maka, para malaikat akan menemani hampa ini dalam hidupnya sampai
mati, sampai ia dibangkitkan kembali kelak. Seperti yang difirmankan allah swt.
¨bÎ) úïÏ%©!$# (#qä9$s% $oY/u ª!$# §NèO (#qßJ»s)tFó$# ãA¨t\tGs? ÞOÎgøn=tæ èpx6Í´¯»n=yJø9$# wr& (#qèù$srB wur (#qçRtøtrB (#rãϱ÷0r&ur Ïp¨Ypgø:$$Î/ ÓÉL©9$# óOçFZä. crßtãqè? ÇÌÉÈ ß`øtwU öNä.ät!$uÏ9÷rr& Îû Ío4quysø9$# $u÷R9$# Îûur ÍotÅzFy$# (
öNä3s9ur $ygÏù $tB þÏStGô±n@ öNä3Ý¡àÿRr& öNä3s9ur $ygÏù $tB tbqãã£s? ÇÌÊÈ
30. Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan:
"Tuhan kami ialah Allah" Kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka,
Maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: "Janganlah kamu
takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang
Telah dijanjikan Allah kepadamu".
31. Kamilah
pelindung-pelindungmu dalam kehidupan dunia dan akhirat; di dalamnya kamu
memperoleh apa yang kamu inginkan dan memperoleh (pula) di dalamnya apa yang
kamu minta.
C.
perkataan tentang allah tanpa ilmu
Kesombongan
adalah salah satu contohsikap dan kebiyasaan yang dilakukan manusia. Ini
merupakan perbuatan yang dapat merusak perkataan tentang allah tanpa ilmu,
yaiyu tentang nama-nama, sifat-sifatnya, dan perbuatan-nya. Seperti memberi
sifat kepada allah yang bertentangan dengan sifat yang di maliki-nya karena
dapat dinilai mengingkari kesempurnaan-nya. Pemberiyan sifat yang bertentangan
itu merupakan hal yang buruk, bahkan lebih buruk dari pada syirik, dan di
golongkan sebagai dosa besar di hadapan allah.
D. Hikmah beriman kepada malaikat
meyakini adanya
malaikat merupakan salah satu keimanan kepada yang gaib.saat seorang mu’min
menyadari bahwa keberadaanya selalu diawasi oleh paramalaikat yang ada di
sekitarnya, mestinya manusia memiliki keengganan unuk berbuwat dosa dan
kemaksiyatan. Adanya rasa malu karena selalu di awasi oleh malaikat membuat
kita berfikir dan brbuat lebih hati-hati dalam hidup ini.
BAB II
FUNGSI HAKIKAT ALLAH DAN AMPUNAN ALLAH
PtAttR ÏmÎ/ ßyr9$# ßûüÏBF{$# ÇÊÒÌÈ 4n?tã y7Î7ù=s% tbqä3tGÏ9 z`ÏB tûïÍÉZßJø9$# ÇÊÒÍÈ Ab$|¡Î=Î/ <cÎ1ttã &ûüÎ7B ÇÊÒÎÈ
193. Dia dibawa turun oleh Ar-Ruh Al-Amin
(Jibril),
194.
Ke dalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang di antara
orang-orang yang memberi peringatan,
195.
Dengan bahasa Arab yang jelas.
A.
Tidak di beri belas kasihan
Allah melarang kita berbelas
kasihan kepada orang-orang yang berbuat
zina saat mereka menjalani hukuman. Sesungguhnya allah swt, menetapkan hukuman
ini justru berdasarkan belas kasihan dan rahmat-nya. Sesungguhnya allah lebih
mengasihani hamba-nya melebihi apa yang di lakukan manusia.tetapi kasih
sayang-nya tidak menjegah pelaksanaan hukuma Fungsi malaikat allah pertolongan
dan ampunan allah
B.nama dan tugas fungsi malaikat allah
1. malaikat jibril
Malaikat jibril disebut sebagai
penghulunya para malaikat
Yang di beri tugas oleh allah
swt.
2. malaikat mikail
Malaikat mikail bertugas sebagai
makhluk allah yang
Membantu mengurusi kebutuhan dan
kesejahteraan
Mahkluk hidup di dunia,
misalnya, sebagai pengantur
Turunnya angin dan hujan di muka
bumi.
3. malaikat
izrail
Malaikat memiliki tugas dari
allah sebagai isi pencabutnya/
Nyawa seruluh makhluk hidup,bahkan
termaksut nyawa
Malaikat itu sendiri.
Jangan sampai hati kita tersusupi perasaan
atau niat untuk mencegah segera hukuman yang ditetepkan oleh allah swt.
C. dengan pertolongan allah
Perlindungan dari perbuatan buruk
dengan taufiq dari allah sehingga tidak muncul kecendrungan ke arah yang buruk.
D. dengan ampunan allah
Perlindungan dari akibat
hukumannya, yaiyu dengan memperoleh ampunan allah sehingga orang itu tidak di
hukum atas perbuatannya. Maka ayat tersebut mengandung permintaan atas dua hal
dan keadaan yang merupakan pengikatan kalimat bersyarat, bukan kalimat
permohonan semata.
Ya Tuhan kami, utuslah untuk mereka sesorang
Rasul dari kalangan mereka, yang akan membacakan kepada mereka ayat-ayat
Engkau, dan mengajarkan kepada mereka Al Kitab (Al Quran) dan Al-Hikmah
(As-Sunnah) serta mensucikan mereka. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Kuasa
lagi Maha Bijaksana.
BAB III
ADANYA HAKIKAT AKHLAK ILMU KALAN DAN ISLAM
A.
Dalil naqli
tentang adanya malaikat allah
Beberapa ayat di bawah ini menjelaskan tentang
adanya malaikat yang berbeda dengan manusia. Malaikat tidak pernah merasa bosan
untuk menjalankan perintah allah apalagi untuk ingkar terhadap-nya.
Orang yang tidak meyakini adanya
malaikat sesungguhnya ia belumlah beriman. Karena mengimani adanya malaikat
merupakan salah satu rukun iman yang ke dua setelah beriman kepada allah swt.
Cara beriman kepada malaikat adalah
dengan meyakini di dalam hati, kemudian diucapkan sekaligus ditunjukkan dalam
perbuatan, bahwa malaikat itu memiliki tugas tertentu.
Meskipun semua malaikat itu
memiliki tugasnya masing-masing, kita sama sekali tidak boleh untuk meminta
sesuatu kepada malaikat. Misalnya minta dipanjangkan umur, meminta rezeki,
karena pada hakekatnya malaikat tidak memiliki kekuasaan untuk menentukan atau
mengabulkan.kita hanya boleh meminta dan berharap kepada allah swt. Semata.
¼ã&s!ur `tB Îû ÏNºuq»yJ¡¡9$# ÇÚöF{$#ur 4 ô`tBur ¼çnyZÏã w tbrçÉ9õ3tGó¡o ô`tã ¾ÏmÏ?y$t7Ïã wur tbrçÅ£óstGó¡t ÇÊÒÈ tbqßsÎm7|¡ç @ø©9$# u$pk¨]9$#ur w tbrçäIøÿt ÇËÉÈ
19. Dan kepunyaan-Nyalah segala yang di langit
dan di bumi. dan malaikat-malaikat yang di sisi-Nya, mereka tiada mempunyai
rasa angkuh untuk menyembah-Nya dan tiada (pula) merasa letih.
20.
Mereka selalu bertasbih malam dan siang tiada henti-hentinya.
C. Dalil naqli tentang iffah, musawah, dan
ukhuwah.
Berbeda dalil naqli tentang konsep iffah,
musawah dan ukhuwah lebih banyak menekankan fungsi menjaga perilaku diri,
masyarakat dengan keadilan. Masing-masing konsep memiliki kaitan yang harmonis
dan sejalan dengan kebutuhan manusia mu’min yang beradab. Sebagaimana ayat
tersebut.
B. Dalil naqli yang memiliki kekokohan
akidah islam dan beri
Cntohnya
ûÓÍ_¯RÎ) $tRr& ª!$# Iw tm»s9Î) HwÎ) O$tRr& ÎTôç6ôã$$sù ÉOÏ%r&ur no4qn=¢Á9$# üÌò2Ï%Î! ÇÊÍÈ
14. Sesungguhnya Aku Ini adalah Allah, tidak ada
Tuhan (yang hak) selain aku, Maka sembahlah Aku dan Dirikanlah shalat untuk
mengingat Aku.
Makhluk allah yang sempurna adalah
manusia dan manusia yang paling mulia adalah para nabi. Di antara para nabi
yang mempunyai keteguhan hati dan ketabahan yang sangat tinggi sebagai refleksi
kekokohan akidah islamnya adalah.
Mereka disebut ‘’ulul’azmi’’ atau
pemilik ketabahan yang luar biasa akibat akidah islamnya.
Dalam sejarah kebudayaan islam semasa
nabi muhammad saw. Kita mengenal asabiqunal awaalun
yaitu orang-orang yang pertama masuk islam serta mempertahankan akidah islamnya
dengan luar biasa walaupun mendapatkan tekanan maupun siksaan dari orang-orang
kafir Quraisy, diantara mereka adalah.
CONTOHNYA :
- nabi
nuh a.s.
- nabi
musa a.s.
- nabi
ibrahim a.s.
- nabi
isa a.s.
- nabi
muhammad sa
$pkr'¯»t úïÏ%©!$# (#qãYtB#uä (#qçRqä. úüÏBº§qs% ¬! uä!#ypkà ÅÝó¡É)ø9$$Î/ (
wur öNà6¨ZtBÌôft ãb$t«oYx© BQöqs% #n?tã wr& (#qä9Ï÷ès? 4
(#qä9Ïôã$# uqèd Ü>tø%r& 3uqø)G=Ï9 (
(#qà)¨?$#ur ©!$# 4
cÎ) ©!$# 7Î6yz $yJÎ/ cqè=yJ÷ès? ÇÑÈ
8. Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu
jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) Karena Allah, menjadi saksi
dengan adil. dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum,
mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. berlaku adillah, Karena adil itu lebih
dekat kepada takwa. dan bertakwalah kepada Allah, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui
apa yang kamu kerjakan.
Hadis di atas
menerangkan juga artinya menyembunyikan kemiskinan kepada orang lain sebagai
sikap kesucian diri dan menghindari akibat ditimpakan kemiskinan jika kita
menunjukkan atau mengadukan kemiskinan kita pada orang lain. Tapi mestinya kita
mengadukan segala penderitaan dan kemiskinan kita itu hanya kepada allah
semata. Karena allah adalah lebih dekat dengan kita lebih dekat dari
orang-orang berada di sekitar kita. Pengaduan kita kepada allah akan
menunjukkan penghambaan kita kepada-nya, sebagai as-shamad (tempat bergantung
segala sesuatu).
D. Argumentasi dan
dalil naqli tentang adany malaikat
1. sesungguhnya akal tidak
memustahilkan keberadaan malaikat, dan tidak pula memungkirinya, karena akal
hanya memustahilkan dan memungkiri pertemuan dua hal yang saling berlawanan,
seperti sesuatu itu ada dan tidak ada pada saat yang sama, atau keberadaan dua
hal yang saling bertentangan, seperti keberadaan gelap dan terang pada saat
yang sama. Iman kepada malaikat tidak mengharuskan itu semua.
2.ketidakmampuan seseorang
untuk melihat sesuatu, karena penglihatannya lemah, atau karena tidak mempunyai
persiapan sempurna untuk melihat sesuatu tersebut, sebab di dunia ini masih
banyak sekali hal-hal yang tidak bisa di lihat dengan mata telanjang, namun
sekarang bisa dilihat dengan mikroskop atau teleskop.
Fenomena alam semesta,
keberadaan alam ini, baik yang materiil atau yang imateri semuanya adalah
ciptaan allah yang disediakan untuk manusia dan seluruh makhluk yang
menempatinya. Malaikat allah makhluk gaib yang dengan izin allah bisa
berkomunikasi dengan para rasul, sebagai perantara untuk menyampaikan wahyu
yang merupakan salah satu pintu alam gaib antara rasul dan tuhannya. Malaikat
menjadi penjaga dan memantau keselarasan alam semesta atas izin allah.
Dengan kemampuanya
yang dimiliki, malaikat menjalankan tugas sekaligus juga bertasbih dan
beribadah kepada tuhannya. Maka, keberadaan malaikat di dunia merupakan
keadilan allah bagi keseimbangan dan rahmat bagi seluruh semesta
BAB IV
Perintah bertakwa dan berinfak di
jalan allah
A.Beberapa pendapat para tokoh tentang
malaikat
1. pendapat ahmad
AL-QALYUBI menyatakan bahwa malaikat jibril adalah yang tertinggi kedudukannya
dan pangkatnya secara mutlak, walaupun di bandingkan dengan malaikat israfil, menurut
keterangan yang sah. Jalaluddin suyuti juga menyatakan bawah jibril itu suka
hadis pada setiap orang meninggal dalam keadaan wudu.
2.iman Fahrurozi
berpendapat bahwa urutan keutamaan para malaikat itu ialah ; pertama,malaikat
penyangga arsy, kemudian berturut-turut malaikat jibril, israfil, mikail,
malakul maut, malaikat penjaga surga, malaikat penjaga neraka, malaikat penjaga
manusia, dan malaikat penjaga seluruh pelosok alam semesta.
3. menurut iman AL-GHAZALI,
ia meyatakan bahwa hamba allah yang terdekat kepada-nya dan paling tinggi
derajatnya ialah israfil, kemudian baru lain-lain malaikat, para nabi, para
ulama, amilin, kemudian para sultan (penguasa) yang adil, kemudian para
sholihin. Dalam hal ini syekh abu abdul mu’thi muhammad nawawi menjelaskan dalam
kitabnya kasyifatus saja bahwa
pengertian ‘’dekat’’ dari allah itu tidak selalu harus diartikan ‘’ yang paling
utama ‘’. Dalam segi keutamaan, malaikat jibril tetap menduduki urutan pertama,
sesudah jibril barulah barulah israfil.
B. perintah untuk bertakwa menurut
kesanggupan
Allah swt. Memerintahkan kaum
mukminin untuk bertakwa kepada-nya sekuat kemampuan mereka melalui firman-nya;
Sementara dalam ayat lain, allah swt.
Berfirman
orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.
orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.
Dengan demikian, allah
swt. Menghendaki ketakwaan dan ketaatan kaum muslimin yang sesuai dengan
kesanggupan yang dimiliki.bahkan para ulama menjelaskan, tidak ada pertentangan
antara satu ayat tersebut,karena firman allah dalam surah ali’imran ayat 102 yang menghendaki agar kaum ukminin bertakwa dengan
sebenar-benarnya takwa, maksudnya adalah bertakwa sesuai dengan kesanggupan.
C. perintah berinfak di
jalan allah swt.
Orang yang
menjauhkan dirinya dari perbuatan keji dan kikir termaksut dalam golongan
orang-orang yang di jadikan kebahagiaan. Allah swt. Menegaskan dalam surat
at-taghabun ayat 16-17 bahwa sedekah yang dikeluarkan oleh kaum mukminin untuk faktor miskin , pada
hakikatnya bermanfaat bagi si pemberi sedekah itu sendiri. Setiap sedekah yang
dikeluarkan oleh seseorang, manfaatnya akan kembali kepada orang itu.
Menciptakan kebaikan
berupa harta, kemudian menisbatkan kepada hamba-nya; allah menyuruh
hamba-hamba-nya untu berinfak sebagai
suatu kebaikan dan menamakannya sebagai pinjaman allah kepada hamba-hamba-nya.
Padahal semua itu datangnya dari allah swt.
Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwasanya kamu berdiri (sembahyang) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersama kamu. dan Allah menetapkan ukuran malam dan siang. Allah mengetahui bahwa kamu sekali-kali tidak dapat menentukan batas-batas waktu-waktu itu, Maka dia memberi keringanan kepadamu, Karena itu Bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran. dia mengetahui bahwa akan ada di antara kamu orang-orang yang sakit dan orang-orang yang berjalan di muka bumi mencari sebagian karunia Allah; dan orang-orang yang lain lagi berperang di jalan Allah, Maka Bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran dan Dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berikanlah pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik. dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan)nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya. dan mohonlah ampunan kepada Allah; Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwasanya kamu berdiri (sembahyang) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersama kamu. dan Allah menetapkan ukuran malam dan siang. Allah mengetahui bahwa kamu sekali-kali tidak dapat menentukan batas-batas waktu-waktu itu, Maka dia memberi keringanan kepadamu, Karena itu Bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran. dia mengetahui bahwa akan ada di antara kamu orang-orang yang sakit dan orang-orang yang berjalan di muka bumi mencari sebagian karunia Allah; dan orang-orang yang lain lagi berperang di jalan Allah, Maka Bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran dan Dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berikanlah pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik. dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan)nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya. dan mohonlah ampunan kepada Allah; Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
D. memberi nafkah sesuai
kemampuan
Perintah memberi
nafkah bagi istri yang di cerai dan sedang hamil atau menyusui, tidaklah
dimaksutkan untuk membebani pihak suami. Oleh karena itu, allah swt. Menetapkan
kewajiban tersebut sesuai dengan kadar kekuatan dan kelapangan masing-masing,
sebagaimana dijelaskan dalam firman-nya di atas ( Q.S. 65 ath-Thalaq:7)... la
yukallifullahu nafsan illa ma ataha ... (...allah tidak memikulkan beban kepada
seseorang malaikat sekadar apa yang allah berikan kepadanya...). dalam ayat
yang lain, allah swt berfirman
Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (mereka berdoa): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. beri ma'aflah Kami; ampunilah Kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah penolong kami, Maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir."
Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (mereka berdoa): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. beri ma'aflah Kami; ampunilah Kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah penolong kami, Maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir."
Allah swt. Juga
menjanjikan kepada orang-orang yang beriman, bahwa dia akan menciptakan
kelapangan bagi mereka yang mengalami kesempitan. Karena itu, tidaklah wajar
jika manusia berputus asa terhadap rahmat allah swt.. padahal allah swt. Maha
kuasa untuk mengubah keadaan seseorang dari fakir menjadi kaya walau dalam
waktu yang sangat singkat. Allah swt berfirman:
Wahai tuhan kami, limpahkanlah kepada kami
tempat tinggal yang penuh berkah sehingga kami dapat hidup tenang dan tenteram
bersama keluarga kami. Engkau-lah tuhan-ku, pemberi nikmat yang tiada
bandingnnya.
DAFTAR KEPUSTAKAAN
AL-Qardhawy, yusuf. ‘’Anatomi Masyarakat islam’’. Jakarta: pustaka AL-Kautsar,
1999.ali, maulana muhammad. ‘’lslamologi (dinu
islam )’’. Jakarta :Darul Kutubil
lslamiyah, 2001.
AL-Jaziri, abu bakar. Ensiklopedi muslim, minhajul muslim. Jakarta: Darul
Falah. 2002. Bakry, Hasbullah .
‘’sistematik Filsafat’’. Jakarta:
Widjaja,1981. Departemen agama RI.
‘’AL- Quran dan terjemahan ‘’.
Semarang : CV. Toha putra, 1989. Hadhiri , Choiruddin. ‘’Mutiara Hikmah ‘’. Jakarta
: Gema lnsani press, 2003. Lubis,
M. Solly. ‘’ umat lslam Dalam Globalisasi’’. Jakarta :Gema lnsani press, 1997.
Magnis, Franz dan soseno. ‘’ Etika Dasar Masalah – masalah pokok
Filsafat moral’’. Yogyakarta
:kanisius, 1987. Mahmud, ali abdul halim. ‘’Da’wal Fardiyah metode membentuk pribadi
muslim’’. Ja-karta :Gema
insani press press, 1995.
Nasution, harun. ‘’islam
ditinjau dari berbagai
aspeknya’’. Jakarta : UI press , Cet. V, 1985. Nata, Abuddin. Akhlak
Tasawuf. Jakarta : raja
Grafindo.2003. shah , ldris. Kisah – kisah sufi. Pustaka Firdaus. 1984. Solomon, Robert
C. ‘’ Etika suatu pengantar ‘’. Jakarta
: Erlangga, 1987.umary, barmawie. ‘’ Materia Akhlak’’. Solo : Ramadhani, 1991. Wibowo , arief dkk. ‘’ studi islam 2 ( serial AL-islam dan
kemuhammadiyahan)’’. Surakarta : lembaga
studi islam, 1995. Yasin, muhammad nu’aim. Iman , rukun, hakikat dan
yang membatalkannya (terjemahan). Jakarta : Asy Syaamil.
2002 Zubair, Achmad Charris. ‘’
kuliah Etika’’. jakarta : Rajawali pers, 1987.
BIODATA PENULIS
1.
Identitas pribadi
NAMA
:Rina Sastri Liana
TEMPAT / TANGGAL
LAHIR :Takengon , 19 Maret
1997
AGAMA :ISLAM
STATUS
:Pelajar
JENIS KELAMIN :Perempuan
ANAK KE :2 (Dua )
HOBI
:Poli , Basket , Baca Komik ,
CITA – CITA :Polwan , Dokter
, Guru , Pamugari ,
SEKOLAH :SMA N 8
UNGGUL TAKENGON
ALUMI SEKOLAH : - SD N 1 LAUT TAWAR
-SMP N 4 TAKENGON
ALAMAT : KP.
BLANG GELE KEC. BEBESEN
2. IDENTITAS KELUARGA
3.
IDENTITAS
ORANG TUA
NAMA AYAH :
PEKERJAAN :
NAMA IBU :
PEKERJAAN :
0 komentar:
Posting Komentar
bagi ada yang bisa di koreksi mohon di koreksi