Pages

Minggu, 04 November 2012

Hakikat Beriman Kepada Malaikat Allah


KATA  PENGANTAR

Bismillahi  Rahmanirrahim.
                Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat allah, SWT
Atas rahmat dan karunianya penulis telah menyelesaikan makalah dengan judul ‘’ Hakikat  Beriman  Kepada  Malaikat  Allah ‘’ Yang merupakan faktor utama yangDi lakukan analisan dalam rangka melengkapi tugas – tugas untuk menyelesaikan
Program studi AKIDAH AKHLAK pada sekolah SMA N 8 UNGGUL TAKENGON.   Dalam  penyelesaian  makalah  ini  penulis  banyak  menemui Kesulitan  dan  hambatan,  akan  tetapi  berkat  bantuan  dan  doronganSerta bimbingan  dari  berbagai  pihak, kendala  tersebut  telah  dapat diatasi  sehingga penulis  dapat  menyelesaikan makalah  ini  dalam  bentuk Yang  sederhana.
                Atas  semua  bantuan  dan  jasa  baik  yang  telah  di berikan,  penulis hanya  dapat  memanjatkan  do’a  semoga  allah , SWT berkenan melimpah berkah  dan  rahmat-nya  kepada  kita  semua  karena  makalah  ini  dapat diselesaikan  dan  mudah – mudahan  dan  manfaatnya  bagi  penulis  sendiri khususnya.  AMIN.
  









                           



                                                                          DAFTAR  ISI


                                                                                                                                                   

 KATA  PENGANTAR .................................................................................................           
 DAFTAR  ISI .............................................................................................................          

 BAB 1  Hakikat  akidah islam dan ruang lingkupnya..............................................          
             A. Pengertian  iman  kepada  malaikat  allah ............................................         
              B.  maksiat  menjauhkan  jarak  manusia  dan  malaikat ............................
              C.  perkataan  tentang  allah  tanpa  ilmu ..................................................
              D.  hikmah  beriman  kepada  malaikat .....................................................

BAB 2  Fungsi  hakikat  allah  dan  ampunan  allah ............................          
             A.  nama  dan  tugas  fungsi  malaikat  allah ..................................................
             B.  tidak diberi  belas  kasihan .......................................................................
             C.  dengan pertolongan  allah ........................................................................
             D.  dengan  ampunan  allah ...........................................................................

BAB 3  Adanya  hakikat akhlak ilmu kalam dan islam.................................................
            A.  dalil  naqli  tentang  adanya  malaikat  allah ..............................................
            B.  dalil  naqli  yang  memiliki kekokohan akidah islam dan beri contohnya ....
            C.  Dalil  naqli  tentang  iffah,  musawah  dan ukhuwah ..................................
            D.  argumentasi  dan  dalil aqli  tentang  adanya  malaikat .............................

BAB 4  perintah  bertakwa  dan  berinfak  di  jalan  allah ...........................................
            A.   beberapa  pendapat  para  tentang  tokoh mlaikat  allah...........................
            b.   perintah  untuk  bertakwa  menurut  kesanggupan ...................................
            C.   perintah  berinfak  di  jalan  allah SWT .......................................................
            D.   memberi  nafkah sesuai  kemampuan .......................................................

DAFTAR  KEPUSTAKAAN ..............................................................................................
BIODATA  PENULIS .....................................................................................................














                                                                      BAB I
HAKIKAT  AKIDAH ISLAM DAN RUANG LINGKUPNYA
     A.Pengertian  iman  kepada  malaikat  allah
       
           Beriman kepada malaikat allah adalah bahwa kita percaya dan yakin seyakin-yakinnya bahwa allah swt. Telah menciptakan malaikat dan memberinya beberapa tugas khusus untuk menjalankan perintah allah seperti mengurus alam semesta ini, mengatur ujan, angin, menuliskan segalaamal perbuatan manusia, mencabut nyawa seluruh makhluk yang ada di alam jagat raya ini, menyampaikan wahyu dan sebagainya.
           Ayat di atas menjelaskan bahwa beriman kepada allah merupakan pangkal keimanan terhadap wahyu yang di turunkan allah kepada para rasulnya, hal ini dimaksudkan bahwa wahyu itu di turunkan melalui perantara. Perantara yang menghubungkan wahyu itu adalah salah satunya malaikat, yaitu malaikat jibril.
           Dalam hidup di dunia ini manusia ternyata tidak hidup sendirian. Masih banyak lagi makhluk allah lain yang bertebaran di jagat raya ini, baik yang nampak seperti gunung, lautan, matahari, tumbuh-tumbuhan, dan sebagainya, maupun yang tidak nampak oleh kasat mata kita seperti makhluk gaib, seperti jin, roh, surga, dan neraka.
            Di dalam islam, iman kepada malaikat adalah merupakan rukun iman yang kedua setelah iman kepada allah swt.                                       
            Manusia yang berfikir dan bisa memanfaatkan pikirannya harus bisa memikirkan dan memahami semua ciptaan allah. Langit yang membentang luas dengan gugusan galaksi dan bintang, makhluk- makhluk yang ada di darat atau pun di laut, baik makhluk yang tertangkap indra maupun yang tidak dikenali oleh panca indera kita merupakan kenyataan yang dapat menyakini akan adanya makhluk gaib. Akal pun dapat menerima keberadaan malaikat walaupun kita tidak dapat melihatnya secara inderawi. Karena indra manusia sangatlah terbatas untuk bisa menyentuh wujud malaikat yang dimensinya berbeda jauh dengan kita.
              Salah satu ayat yang menegaskan keberadaan malaikat sebagai makhluk yang memiliki tugas dari tuhan-nya adalah sebagai berikut.

     B.Maksiat menjauhkan jarak manusia dan malaikat

            Perbuatan maksiat dapat menjauhkan jarak antara manusia dengan kawan terdekatnya, yaitu melaikat, makhluk yang paling suka memberi nasehat kepada manusia dan mendapatkan kebahagiaan bila seseorang dekat padanya. Ya...ia adalah malaikat yang sengaja ditugaskan oleh allah kepada manusia.
            Malaikat menetapkan adalah musuh yang paling dekat dengan diri manusia, musuh yang paling menipu dan paling banyak mendatangkan bahaya, yaitu setan. Bila seorang hamba berbuat maksiyat (pelanggaran)kepada allah,malaikat segera menjauh dari seseorang hanya disebapkan oleh satu ucapan dusta. ia akan menyingkir dengan jarak yang amat jauh.dalam suatu atsar (hadis) dikatakan.
                                 
          Sebagai ulama salaf berkata,’’bila terjadi liwath ‘homoseks,’ bumi menjadi goncang dan menuju allah, malaikat-malaikat lari kepada allah, melaporkan tentang kejadian besar yang mereka lihat’’.
             Kalau hampa tersebut ingat, berdzikir, bertakbir dan bertahmid kepada allah serta berkata, ‘la llaha illa allah,’setan terusir jauh dan meralikan diri. Tetapi, kalau pada pagi itu hamba tersebut mengucapkan hal lain, malaikat itu pergi darinya dan setanlah yang menemaninya.’’
              Malaikat akan tetepi berada bersama seorang hampa sehingga hukum dan ketaatan serta kekuatan berada denganya. Maka, para malaikat akan menemani hampa ini dalam hidupnya sampai mati, sampai ia dibangkitkan kembali kelak. Seperti yang difirmankan allah swt.

¨bÎ) šúïÏ%©!$# (#qä9$s% $oYš/u ª!$# §NèO (#qßJ»s)tFó$# ãA¨t\tGs? ÞOÎgøŠn=tæ èpx6Í´¯»n=yJø9$# žwr& (#qèù$sƒrB Ÿwur (#qçRtøtrB (#rãÏ±÷0r&ur Ïp¨Ypgø:$$Î/ ÓÉL©9$# óOçFZä. šcrßtãqè? ÇÌÉÈ ß`øtwU öNä.ät!$uŠÏ9÷rr& Îû Ío4quŠysø9$# $u÷R9$# Îûur ÍotÅzFy$# ( öNä3s9ur $ygŠÏù $tB þÏStGô±n@ öNä3Ý¡àÿRr& öNä3s9ur $ygŠÏù $tB tbqãã£s? ÇÌÊÈ
30.  Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: "Tuhan kami ialah Allah" Kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, Maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: "Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang Telah dijanjikan Allah kepadamu".
31.  Kamilah pelindung-pelindungmu dalam kehidupan dunia dan akhirat; di dalamnya kamu memperoleh apa yang kamu inginkan dan memperoleh (pula) di dalamnya apa yang kamu minta.

     C. perkataan tentang allah tanpa ilmu
             
Kesombongan adalah salah satu contohsikap dan kebiyasaan yang dilakukan manusia. Ini merupakan perbuatan yang dapat merusak perkataan tentang allah tanpa ilmu, yaiyu tentang nama-nama, sifat-sifatnya, dan perbuatan-nya. Seperti memberi sifat kepada allah yang bertentangan dengan sifat yang di maliki-nya karena dapat dinilai mengingkari kesempurnaan-nya. Pemberiyan sifat yang bertentangan itu merupakan hal yang buruk, bahkan lebih buruk dari pada syirik, dan di golongkan sebagai dosa besar di hadapan allah.

D.  Hikmah beriman kepada malaikat
meyakini adanya malaikat merupakan salah satu keimanan kepada yang gaib.saat seorang mu’min menyadari bahwa keberadaanya selalu diawasi oleh paramalaikat yang ada di sekitarnya, mestinya manusia memiliki keengganan unuk berbuwat dosa dan kemaksiyatan. Adanya rasa malu karena selalu di awasi oleh malaikat membuat kita berfikir dan brbuat lebih hati-hati dalam hidup ini.









                                                                    BAB II
FUNGSI HAKIKAT ALLAH DAN AMPUNAN ALLAH
PtAttR ÏmÎ/ ßyr9$# ßûüÏBF{$# ÇÊÒÌÈ 4n?tã y7Î7ù=s% tbqä3tGÏ9 z`ÏB tûïÍÉZßJø9$# ÇÊÒÍÈ Ab$|¡Î=Î/ <cÎ1ttã &ûüÎ7B ÇÊÒÎÈ
193.  Dia dibawa turun oleh Ar-Ruh Al-Amin (Jibril),
194.  Ke dalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan,
195.  Dengan bahasa Arab yang jelas.



      A. Tidak di beri belas kasihan

             Allah melarang kita berbelas kasihan kepada orang-orang yang  berbuat zina saat mereka menjalani hukuman. Sesungguhnya allah swt, menetapkan hukuman ini justru berdasarkan belas kasihan dan rahmat-nya. Sesungguhnya allah lebih mengasihani hamba-nya melebihi apa yang di lakukan manusia.tetapi kasih sayang-nya tidak menjegah pelaksanaan hukuma Fungsi malaikat allah pertolongan dan ampunan allah

      B.nama dan tugas fungsi malaikat allah
          1. malaikat jibril
                Malaikat jibril disebut sebagai penghulunya para malaikat
                Yang di beri tugas oleh allah swt.
          2. malaikat mikail
               Malaikat mikail bertugas sebagai makhluk allah yang
               Membantu mengurusi kebutuhan dan kesejahteraan
               Mahkluk hidup di dunia, misalnya, sebagai pengantur
               Turunnya angin dan hujan di muka bumi.
   3. malaikat izrail
               Malaikat memiliki tugas dari allah sebagai isi pencabutnya/
               Nyawa seruluh makhluk hidup,bahkan termaksut nyawa
               Malaikat itu sendiri.
 Jangan sampai hati kita tersusupi perasaan atau niat untuk mencegah segera hukuman yang ditetepkan oleh allah swt.

      C. dengan pertolongan allah  

              Perlindungan dari perbuatan buruk dengan taufiq dari allah sehingga tidak muncul kecendrungan ke arah yang buruk.

       D. dengan ampunan allah

               Perlindungan dari akibat hukumannya, yaiyu dengan memperoleh ampunan allah sehingga orang itu tidak di hukum atas perbuatannya. Maka ayat tersebut mengandung permintaan atas dua hal dan keadaan yang merupakan pengikatan kalimat bersyarat, bukan kalimat permohonan semata.                                                                                              

  Ya Tuhan kami, utuslah untuk mereka sesorang Rasul dari kalangan mereka, yang akan membacakan kepada mereka ayat-ayat Engkau, dan mengajarkan kepada mereka Al Kitab (Al Quran) dan Al-Hikmah (As-Sunnah) serta mensucikan mereka. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Kuasa lagi Maha Bijaksana.

                                                    

BAB III
ADANYA HAKIKAT AKHLAK ILMU KALAN DAN ISLAM

A.      Dalil naqli tentang adanya malaikat allah

          Beberapa ayat di bawah ini menjelaskan tentang adanya malaikat yang berbeda dengan manusia. Malaikat tidak pernah merasa bosan untuk menjalankan perintah allah apalagi untuk ingkar terhadap-nya.
          Orang yang tidak meyakini adanya malaikat sesungguhnya ia belumlah beriman. Karena mengimani adanya malaikat merupakan salah satu rukun iman yang ke dua setelah beriman kepada allah swt.
           Cara beriman kepada malaikat adalah dengan meyakini di dalam hati, kemudian diucapkan sekaligus ditunjukkan dalam perbuatan, bahwa malaikat itu memiliki tugas tertentu.
            Meskipun semua malaikat itu memiliki tugasnya masing-masing, kita sama sekali tidak boleh untuk meminta sesuatu kepada malaikat. Misalnya minta dipanjangkan umur, meminta rezeki, karena pada hakekatnya malaikat tidak memiliki kekuasaan untuk menentukan atau mengabulkan.kita hanya boleh meminta dan berharap kepada allah swt. Semata.
      
¼ã&s!ur `tB Îû ÏNºuq»yJ¡¡9$# ÇÚöF{$#ur 4 ô`tBur ¼çnyZÏã Ÿw tbrçŽÉ9õ3tGó¡o ô`tã ¾ÏmÏ?yŠ$t7Ïã Ÿwur tbrçŽÅ£óstGó¡tƒ ÇÊÒÈ tbqßsÎm7|¡ç Ÿ@ø©9$# u$pk¨]9$#ur Ÿw tbrçŽäIøÿtƒ ÇËÉÈ
19.  Dan kepunyaan-Nyalah segala yang di langit dan di bumi. dan malaikat-malaikat yang di sisi-Nya, mereka tiada mempunyai rasa angkuh untuk menyembah-Nya dan tiada (pula) merasa letih.
20.  Mereka selalu bertasbih malam dan siang tiada henti-hentinya.


     C. Dalil naqli tentang iffah, musawah, dan ukhuwah.
            Berbeda dalil naqli tentang konsep iffah, musawah dan ukhuwah lebih banyak menekankan fungsi menjaga perilaku diri, masyarakat dengan keadilan. Masing-masing konsep memiliki kaitan yang harmonis dan sejalan dengan kebutuhan manusia mu’min yang beradab. Sebagaimana ayat tersebut.
       B. Dalil naqli yang memiliki kekokohan akidah islam dan beri
            Cntohnya

ûÓÍ_¯RÎ) $tRr& ª!$# Iw tm»s9Î) HwÎ) O$tRr& ÎTôç6ôã$$sù ÉOÏ%r&ur no4qn=¢Á9$# ü̍ò2Ï%Î! ÇÊÍÈ
14.  Sesungguhnya Aku Ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain aku, Maka sembahlah Aku dan Dirikanlah shalat untuk mengingat Aku.



         Makhluk allah yang sempurna adalah manusia dan manusia yang paling mulia adalah para nabi. Di antara para nabi yang mempunyai keteguhan hati dan ketabahan yang sangat tinggi sebagai refleksi kekokohan akidah islamnya adalah.
         Mereka disebut ‘’ulul’azmi’’ atau pemilik ketabahan yang luar biasa akibat akidah islamnya.
      Dalam sejarah kebudayaan islam semasa nabi muhammad saw. Kita mengenal asabiqunal awaalun yaitu orang-orang yang pertama masuk islam serta mempertahankan akidah islamnya dengan luar biasa walaupun mendapatkan tekanan maupun siksaan dari orang-orang kafir Quraisy, diantara mereka adalah.
         CONTOHNYA :
  -  nabi nuh a.s.
  -  nabi musa a.s.
  -  nabi ibrahim a.s.
  -  nabi isa a.s.
  -  nabi muhammad sa
$pkšr'¯»tƒ šúïÏ%©!$# (#qãYtB#uä (#qçRqä. šúüÏBº§qs% ¬! uä!#ypkà­ ÅÝó¡É)ø9$$Î/ ( Ÿwur öNà6¨ZtB̍ôftƒ ãb$t«oYx© BQöqs% #n?tã žwr& (#qä9Ï÷ès? 4 (#qä9Ïôã$# uqèd Ü>tø%r& 3uqø)­G=Ï9 ( (#qà)¨?$#ur ©!$# 4 žcÎ) ©!$# 7ŽÎ6yz $yJÎ/ šcqè=yJ÷ès? ÇÑÈ
8.  Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) Karena Allah, menjadi saksi dengan adil. dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. berlaku adillah, Karena adil itu lebih dekat kepada takwa. dan bertakwalah kepada Allah, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.

        Hadis di atas menerangkan juga artinya menyembunyikan kemiskinan kepada orang lain sebagai sikap kesucian diri dan menghindari akibat ditimpakan kemiskinan jika kita menunjukkan atau mengadukan kemiskinan kita pada orang lain. Tapi mestinya kita mengadukan segala penderitaan dan kemiskinan kita itu hanya kepada allah semata. Karena allah adalah lebih dekat dengan kita lebih dekat dari orang-orang berada di sekitar kita. Pengaduan kita kepada allah akan menunjukkan penghambaan kita kepada-nya, sebagai as-shamad (tempat bergantung segala sesuatu).
      D. Argumentasi dan dalil naqli tentang adany malaikat
            
  1. sesungguhnya akal tidak memustahilkan keberadaan malaikat, dan tidak pula memungkirinya, karena akal hanya memustahilkan dan memungkiri pertemuan dua hal yang saling berlawanan, seperti sesuatu itu ada dan tidak ada pada saat yang sama, atau keberadaan dua hal yang saling bertentangan, seperti keberadaan gelap dan terang pada saat yang sama. Iman kepada malaikat tidak mengharuskan itu semua.
  2.ketidakmampuan seseorang untuk melihat sesuatu, karena penglihatannya lemah, atau karena tidak mempunyai persiapan sempurna untuk melihat sesuatu tersebut, sebab di dunia ini masih banyak sekali hal-hal yang tidak bisa di lihat dengan mata telanjang, namun sekarang bisa dilihat dengan mikroskop atau teleskop.
     Fenomena alam semesta, keberadaan alam ini, baik yang materiil atau yang imateri semuanya adalah ciptaan allah yang disediakan untuk manusia dan seluruh makhluk yang menempatinya. Malaikat allah makhluk gaib yang dengan izin allah bisa berkomunikasi dengan para rasul, sebagai perantara untuk menyampaikan wahyu yang merupakan salah satu pintu alam gaib antara rasul dan tuhannya. Malaikat menjadi penjaga dan memantau keselarasan alam semesta atas izin allah.
      Dengan kemampuanya yang dimiliki, malaikat menjalankan tugas sekaligus juga bertasbih dan beribadah kepada tuhannya. Maka, keberadaan malaikat di dunia merupakan keadilan allah bagi keseimbangan dan rahmat bagi seluruh semesta
      
     
    










































                                              BAB IV
Perintah bertakwa dan berinfak di jalan allah

     A.Beberapa pendapat para tokoh tentang malaikat
 1. pendapat ahmad AL-QALYUBI menyatakan bahwa malaikat jibril adalah yang tertinggi kedudukannya dan pangkatnya secara mutlak, walaupun di bandingkan dengan malaikat israfil, menurut keterangan yang sah. Jalaluddin suyuti juga menyatakan bawah jibril itu suka hadis pada setiap orang meninggal dalam keadaan wudu.
 2.iman Fahrurozi berpendapat bahwa urutan keutamaan para malaikat itu ialah ; pertama,malaikat penyangga arsy, kemudian berturut-turut malaikat jibril, israfil, mikail, malakul maut, malaikat penjaga surga, malaikat penjaga neraka, malaikat penjaga manusia, dan malaikat penjaga seluruh pelosok alam semesta.
 3. menurut iman AL-GHAZALI, ia meyatakan bahwa hamba allah yang terdekat kepada-nya dan paling tinggi derajatnya ialah israfil, kemudian baru lain-lain malaikat, para nabi, para ulama, amilin, kemudian para sultan (penguasa) yang adil, kemudian para sholihin. Dalam hal ini syekh abu abdul muthi muhammad nawawi menjelaskan dalam kitabnya kasyifatus saja bahwa pengertian ‘’dekat’’ dari allah itu tidak selalu harus diartikan ‘’ yang paling utama ‘’. Dalam segi keutamaan, malaikat jibril tetap menduduki urutan pertama, sesudah jibril barulah barulah israfil.
    B. perintah untuk bertakwa menurut kesanggupan
            Allah swt. Memerintahkan kaum mukminin untuk bertakwa kepada-nya sekuat kemampuan mereka melalui firman-nya;
     Sementara dalam ayat lain, allah swt. Berfirman 
orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.

       
   Dengan demikian, allah swt. Menghendaki ketakwaan dan ketaatan kaum muslimin yang sesuai dengan kesanggupan yang dimiliki.bahkan para ulama menjelaskan, tidak ada pertentangan antara satu ayat tersebut,karena firman allah dalam surah aliimran ayat 102 yang menghendaki agar kaum ukminin bertakwa dengan sebenar-benarnya takwa, maksudnya adalah bertakwa sesuai dengan kesanggupan.

    C. perintah berinfak di jalan allah swt.
        Orang yang menjauhkan dirinya dari perbuatan keji dan kikir termaksut dalam golongan orang-orang yang di jadikan kebahagiaan. Allah swt. Menegaskan dalam surat at-taghabun ayat 16-17 bahwa sedekah yang dikeluarkan  oleh kaum mukminin untuk faktor miskin , pada hakikatnya bermanfaat bagi si pemberi sedekah itu sendiri. Setiap sedekah yang dikeluarkan oleh seseorang, manfaatnya akan kembali kepada orang itu.
       Menciptakan kebaikan berupa harta, kemudian menisbatkan kepada hamba-nya; allah menyuruh hamba-hamba-nya untu berinfak  sebagai suatu kebaikan dan menamakannya sebagai pinjaman allah kepada hamba-hamba-nya. Padahal semua itu datangnya dari allah swt.
  Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwasanya kamu berdiri (sembahyang) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersama kamu. dan Allah menetapkan ukuran malam dan siang. Allah mengetahui bahwa kamu sekali-kali tidak dapat menentukan batas-batas waktu-waktu itu, Maka dia memberi keringanan kepadamu, Karena itu Bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran. dia mengetahui bahwa akan ada di antara kamu orang-orang yang sakit dan orang-orang yang berjalan di muka bumi mencari sebagian karunia Allah; dan orang-orang yang lain lagi berperang di jalan Allah, Maka Bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran dan Dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berikanlah pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik. dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan)nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya. dan mohonlah ampunan kepada Allah; Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

    D. memberi nafkah sesuai kemampuan

         Perintah memberi nafkah bagi istri yang di cerai dan sedang hamil atau menyusui, tidaklah dimaksutkan untuk membebani pihak suami. Oleh karena itu, allah swt. Menetapkan kewajiban tersebut sesuai dengan kadar kekuatan dan kelapangan masing-masing, sebagaimana dijelaskan dalam firman-nya di atas ( Q.S. 65 ath-Thalaq:7)... la yukallifullahu nafsan illa ma ataha ... (...allah tidak memikulkan beban kepada seseorang malaikat sekadar apa yang allah berikan kepadanya...). dalam ayat yang lain, allah swt berfirman
 Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (mereka berdoa): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. beri ma'aflah Kami; ampunilah Kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah penolong kami, Maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir."

         Allah swt. Juga menjanjikan kepada orang-orang yang beriman, bahwa dia akan menciptakan kelapangan bagi mereka yang mengalami kesempitan. Karena itu, tidaklah wajar jika manusia berputus asa terhadap rahmat allah swt.. padahal allah swt. Maha kuasa untuk mengubah keadaan seseorang dari fakir menjadi kaya walau dalam waktu yang sangat singkat. Allah swt berfirman:
         Wahai tuhan kami, limpahkanlah kepada kami tempat tinggal yang penuh berkah sehingga kami dapat hidup tenang dan tenteram bersama keluarga kami. Engkau-lah tuhan-ku, pemberi nikmat yang tiada bandingnnya.



DAFTAR  KEPUSTAKAAN

AL-Qardhawy, yusuf.  ‘’Anatomi Masyarakat  islam’’. Jakarta: pustaka AL-Kautsar, 1999.ali, maulana muhammad. ‘’lslamologi (dinu  islam )’’.  Jakarta :Darul  Kutubil  lslamiyah, 2001.
AL-Jaziri, abu  bakar. Ensiklopedi  muslim, minhajul muslim. Jakarta: Darul Falah. 2002.  Bakry, Hasbullah . ‘’sistematik  Filsafat’’. Jakarta: Widjaja,1981. Departemen  agama  RI.     ‘’AL- Quran dan  terjemahan ‘’. Semarang : CV. Toha putra, 1989. Hadhiri , Choiruddin.  ‘’Mutiara Hikmah ‘’.  Jakarta  : Gema lnsani press, 2003.  Lubis, M. Solly. ‘’ umat lslam Dalam Globalisasi’’. Jakarta :Gema lnsani press, 1997. Magnis, Franz  dan soseno. ‘’ Etika  Dasar Masalah – masalah  pokok  Filsafat  moral’’. Yogyakarta :kanisius, 1987. Mahmud, ali abdul halim. ‘’Da’wal Fardiyah  metode membentuk  pribadi  muslim’’. Ja-karta :Gema  insani  press  press, 1995.
Nasution, harun. ‘’islam ditinjau  dari  berbagai  aspeknya’’. Jakarta : UI press , Cet. V, 1985. Nata, Abuddin. Akhlak Tasawuf.  Jakarta  : raja  Grafindo.2003. shah , ldris. Kisah – kisah   sufi. Pustaka Firdaus. 1984. Solomon, Robert C. ‘’ Etika suatu  pengantar ‘’. Jakarta : Erlangga, 1987.umary, barmawie. ‘’ Materia Akhlak’’. Solo  : Ramadhani, 1991.  Wibowo , arief dkk. ‘’ studi  islam 2 ( serial  AL-islam dan  kemuhammadiyahan)’’.  Surakarta : lembaga studi  islam,  1995. Yasin, muhammad  nu’aim. Iman , rukun,  hakikat dan  yang  membatalkannya  (terjemahan). Jakarta : Asy  Syaamil.  2002  Zubair, Achmad Charris. ‘’ kuliah Etika’’.  jakarta : Rajawali  pers, 1987.



                                                                BIODATA  PENULIS

1.      Identitas   pribadi
NAMA                                            :Rina Sastri Liana
TEMPAT / TANGGAL  LAHIR     :Takengon , 19  Maret  1997
AGAMA                                         :ISLAM
STATUS                                         :Pelajar
JENIS  KELAMIN                           :Perempuan
ANAK  KE                                      :2 (Dua )
HOBI                                              :Poli , Basket , Baca Komik ,
CITA – CITA                                   :Polwan , Dokter , Guru , Pamugari ,
SEKOLAH                                       :SMA N 8 UNGGUL TAKENGON
ALUMI  SEKOLAH                         : - SD N 1 LAUT TAWAR
                                                          -SMP N 4 TAKENGON 
           ALAMAT                                        : KP. BLANG GELE KEC. BEBESEN

2.      IDENTITAS  KELUARGA

3.      IDENTITAS ORANG TUA
NAMA AYAH                          :
PEKERJAAN                            :
NAMA IBU                              :
PEKERJAAN                            :
                                               









0 komentar:

Posting Komentar

bagi ada yang bisa di koreksi mohon di koreksi